Daftar Blog Saya

Minggu, 28 Oktober 2012

kekuatan militer Indonesia hampir Setingkat Russia & Amerika

Dalam kali ini kita akan membahas perbandingan kekuatan militer Indonesia Dengan Russia & USA

Militer Indonesia sesungguhnya mampu menandingi kekuatan Militer Amerika & Russia tetapi Kekuatan militer kita tidak didukung oleh Alutsista yang memadai. Jika kita sedikit membuka mata kita maka akan terlihat beberapa kelebihan negara kita ketimbang kedua negara Super Power tersebut, ini dia kelebihan tersebut :

  1. Pasukan Khusus. Pasukan khusus kita ( KOPASSUS ) mampu unggul mutlak atas pasukan khusus kedua negara Super Power tersebut seperti FSB Spetsnaz, Russia & Navy Seal Amerika, Tim Kopassus yang pernah Juara 1 dalam Asian Pasific Sniper Championship
    KOPASSUS
    ini mampu mengalahkan tim Navy Seal Amerika saat mereka latihan bersama 2 tahun yang lalu. Navy Seal ditantang melawan Kopasus dengan hanya menggunakan senjata Uzi saja, Kopassus pun demikian. Maka yang terjadi adalah Kopassus membuat Navy Seal seperti kumpulan Bocah Pramuka. Sedangkan untuk perbandingan antara Kopasus dengan Spetsnaz Russia sudah bisa Dilihat dari peringkat dunia Pasukan Khusus terbaik di dunia yang dirilis oleh Discovery Channel Millitary pada Tahun 2008 lalu. (1. Inggris SAS (Special Air Service)

    Adalah resimen pasukan khusus dalam Angkatan Darat Inggris yang pernah menjadi model bagi pasukan khusus dari negara-negara lain. SAS membentuk bagian signifikan Pasukan Khusus Kerajaan Inggris Special Boat Service (SBS), Special Reconnaissance Regiment (SRR), dan Pasukan Special Support Group (SFSG).
    Beladiri : Gon-Ryu Karate
    Alumni : Bear Grylls ( ada di acara discovery channel Survival expert)

    2. Mossad Israeli


    He Mossad (HaMossad leModi’in uleTafkidim Meyuchadim) Mossad bertanggung jawab atas pengumpulan intelijen dan operasi-operasi rahasia termasuk kegiatan paramiliter. Ini adalah salah satu entitas utama dalam Komunitas Intelijen Israel, bersama dengan Aman (intelijen militer) dan Shin Bet (keamanan internal), tetapi direktur melapor langsung kepada Perdana Menteri. Peran dan fungsi yang sama dengan Central Intelligence Agency (CIA) dan Secret Intelligence Service (SIS).
    Beladiri : Israeli Krav Maga
    Alumni : Eitan Rafi (Sekarang beliau udah jadi salah satu pasukan perdamaian dunia)
    Moto : “Cegah serangan pertama, netralkan lawan, buatlah mereka melihat mimpi buruk akan hal yang mereka perbuat.” -Ron Radjik

    3. Indonesian KOPASSUS

    KOPASSUS

    Beladiri : Merpati Putih
    Alumni : 3 terbaik dari KOPASUS telah dijadikan pasukan perdamaian dunia
    Moto : Berani, Benar, Berhasil.

    4. Russian Spetsnaz


    Special Force Resimen Rusia atau Spetsnaz, Specnaz (bahasa Rusia: pengucapan ; sptsnastr: Voyska spetsialnogo naznacheniya; adalah istilah umum untuk “pasukan khusus” dalam bahasa Rusia, secara harfiah ” tujuan khusus “. Pasukan khusus Rusia tersebut dapat secara khusus mengacu ke setiap elit atau unit Spetsnaz di bawah subordinasi Dinas Keamanan Federal (FSB) atau Rusia Pasukan Internal Departemen Dalam Negeri, dan unit dikontrol oleh dinas intelijen militer GRU.
    Beladiri : Russian Sambo
    Moto : “hahaha Betapa bodoh nya mereka yang ingin membunuh kami dengan cara mereka, mereka hanya tidak tahu bahwa darah yang akan bertumpahan nantinya berasal dari mereka sendiri. Mereka hanya tidak tahu… itu saja.” Motto nya lucu ya ;)...

    5. French GIGN


    Intervensi Gendarmerie Nasional Group, biasa disingkat GIGN (bahasa Perancis: Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale), adalah elite Gendarmerie Perancis Operasi Khusus kontra-terorisme dan penyelamatan sandera unit; itu adalah bagian dari kekuatan militer yang disebut Gendarmerie. Bahkan jika para anggotanya milik militer, mereka sekarang dituntut dengan tugas-tugas polisi urbanised di luar daerah. Dengan demikian unit GIGN ditingkatkan lebih dekat dengan tim SWAT daripada unit militer murni seperti tentara Inggris SAS. Para operator akan dilatih untuk mengikuti peraturan polisi dan mencakup negosiasi dan penyelidikan spesialis.
    Beladiri : Savate

    SEKELUMIT PRESTASI KOPASSUS


    1. KOPASSUS juara satu sniper dalam pertemuan Pasukan Elite Asia Pasific Desember 2006. Dengan hanya mengandalkan senjata buatan Pindad! Nomor 2-nya SAS Australia.
    2. KOPASSUS menempati urutan 2 (dari 35) dalam hal keberhasilan dan kesuksesan operasi militer (intelijen - pergerakan - penyusupan - penindakan) pada pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment and Assault di Wina Austria. Nomor satunya Delta Force USA.
    3. Negara-negara afrika utara hingga barat sekarang memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite mereka. 80% pelatih mereka dari perwira-perwira KOPASSUS.
    4. Pasukan Paspampres Kamboja adalah pasukan Elit yang di latih oleh KOPASSUS.
    5. Pada perang Vietnam, para tentara Vietkong meniru strategy KOPASSUS dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibatkan kekalahan Pasukan Amerika yang mempunyai persenjatan canggih dan lengkap. Kekalahan ini membuat Amerika serikat malu di mata dunia.
    6. KOPASSUS terlibat dalam operasi pembebasan sandera dalam pesawat Garuda Airline Woyla pada tahun 1981.
    7. Tim Indonesia (KOPASSUS, WANADRI, MAPALA UI, dan FPTI) mendaki puncak Gunung Everest dan berhasil menjejaki kakinya di puncak tertinggi dunia itu di tahun 1997. Pendakian tersebut pun menjadikan Negara Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menjejaki puncak Gunung Everest.
2. Kondisi Geografis. Indonesia negara Kepulauan yang memiliki pulau 36.000 lebih & memiliki garis pantai sepanjang 54.731 KM ini bisa membuat Indonesia negara paling sulit dijajah saat ini dengan catatan Indonesia harus bisa memperkuat armada lautnya. Berbeda jauh dengan Russia & Amerika yang Memiliki jumlah pulau yang lebih sedikit dari Indonesia yang membuat mereka memfokuskan pertahanan mereka pada Armada Darat sebagai pertahanan utama.

3. Jumlah Angkatan Bersenjata. Indonesia dengan Jumlah Angkatan bersenjata saat ini mencapai 129.731.000 memang mampu mengungguli Russia yang hanya mempunyai pasukan sebanyak 69.117.217 , tapi masih kalah dengan Amerika yang mempunyai pasukan sekitar 145.212.017 yang tersebar di pangkalan Amerika Serikat di Seluruh dunia. meskipun kalah jumlah pasukan dengan Amerika, angkatan bersenjata Indonesia lebih unggul dalam hal pertahanan individu pasukan.
 

4. Yang terakhir adalah Ketahanan Fisik prajurit. Kita tahu bahwa kondisi geografis Indonesia beraneka macam dengan suhu yang lumayan ekstrim mulai dari suhu yang amat panas sampai suhu beku yang berada di Puncak gunung Jayawijaya membuat prajurit Indonesia yang berlatih keras mampu beradaptasi dalam berbagai kondisi dan cuaca. berbeda dengan prajurit Amerika & Russia yang mempunyai kondisi wilayah yang di dominasi suhu dingin. Sebagai contoh adalah pasukan perdamaian Indonesia di Lebanon yaitu Kontingen Garuda XXIII/A yang mampu berpatroli dengan berjalan kaki sejauh 31 Km pada suhu 39' derajat, sedangkan pasukan Amerika ketika ekspansi militer ke Afghanistan  tidak akan mampu berjalan lebih dari 12 Km pada suhu negara tersebut yang mencapai 41' derajat celcius tanpa bantuan dari kendarat angkut APC maupun kendaraan lainnya.

Itulah keunggulan Militer kita dari Russia & Amerika, meskipun kekuatan kita tidak didukung alat yang memadai namun militer kita memiliki semangat juang yang lebih tinggi..

19 komentar:

Anonim mengatakan...

betul sekali gan....

Anonim mengatakan...

koreksi pulau di indonesia hanya 17 ribuan,tentara hanya 431 ribuan polisi 400 ribuan bkn ampe jutaan.

Unknown mengatakan...

maaf ni... Ane rasa pulau indonesia emang 36ribu... 17 entu pulau yg udeh ade namanye... Yg belom bnyak... Hehehe... Satu lagi gan... Info jumlah tentara indonesia yg asli emang nyampe jutaan...

Unknown mengatakan...

jumlah TNI tu cuma 400 ribuan .. bkand jutaan.. negara kita bkn negara wajib militer... kalau adapun jumlahnya jutaan hanya pasukan cadangan....

Anonim mengatakan...

Seharusnya qt gak usah masalahin yg mna bnar ato salah.. Qt msti kompak n brsatu... Sharusnya qt lbih trmotivasi.. Hrus punya smangat juang yg tinggi sprti kopassus... Jgn taunya cuma mncela doank!!!!

Unknown mengatakan...

Indonesia bangga punya kopassus.

Anonim mengatakan...

ya memang harus di tingkatkan

Unknown mengatakan...

Mas jangan lupa operasi laurentz di papua. Kopasus membebaskan sandera wna dan wni dr opm. Kl tak salah tahun 1996.

Anonim mengatakan...

om ane dulu waktu msh aktif di kopasus disekolahin ke special forces green barret Amrik bersama delegasi pasukan komando seluruh dunia dapet juara 2

Anonim mengatakan...

Maaf Gan.. ane yakin agan salah total bilang tentara Indonesia jumlahnya ratusan juta. Bayangin kalo agan bilang jumlah tentara indonesia 129.731.000 orang sementara jumlah penduduk indonesia aja sekitar 250.000.000 orang. artinya perbandingan sipil dan militer berbanding sama 1 banding 1. Artinya kalo semisal bapaknya agan seorang karyawan Indomaret berarti Ibunya agan ini adalah prajurit Marinir TNI.

Masuk akal gak, gan?

Anonim mengatakan...

Gan pasukan tni aktif bener cm sekitar 400 ribu, maksudnya 125 juta itu warga indonesia apabila di butuhkan untuk perang, artinya angkatan perang cadangan, yaitu masyarakat sipil.

Anonim mengatakan...

ya kita bangga pada KOPASSUS dan prestasinya yg mendunia, namun kalo agan" berpikir KOPASSUS kekutan UTAMA RI berarti agan" BUTA SEJARAH !!! lihat war on 10-11-1945, lihat TRIKORA, bandung lautan cinta dll siapa aktor utama dibalik itu semua ??? TNI ?? mimpi kalee yeeee, bangun woi sudah pagi :v

DESIGN GRAPHIC & OFFSET mengatakan...

Dabruss, Ngawuur, Sembrono dan Asal asalan...ya info kyak gini yg menyesatkan...Malah menjatuhkan kredibilitas dan reputasi KOPASSUS yg kita Cintai!....BRAVO KOPASSUS HIDUP NKRI..!!

DESIGN GRAPHIC & OFFSET mengatakan...

Dabruss, Ngawuur, Sembrono dan Asal asalan...ya info kyak gini yg menyesatkan...Malah menjatuhkan kredibilitas dan reputasi KOPASSUS yg kita Cintai!....BRAVO KOPASSUS HIDUP NKRI..!!

Unknown mengatakan...

Indonesia menang di perlombaan, bukan menang di perang...pikir aja sendiri

Unknown mengatakan...

Itu yg aktif, yg tdk bukan berarti tdk bisa megang senjata. Polisi juga termasuk pasukan bersenjata, trus kau anggap apa pasukan adat kita itu?, mereka juga memakai senjata broo, kan tdk ada keterangan harus senjata tembak.daaaan ingat SATU hal tentang Indonesia jika satu tersakiti semuanya ikut membalas.

Unknown mengatakan...

Ok klo bgitu kita buktiin aja, smoga Mlasya singapur filiphinin asal mash asia trus 1 lawan satu gapake skutu, Sy pribadi siap ikut perang Walaupun sy cma warga sipil, kerjaannya gajelas tiap hri nyari duit susah ditambah modal nekat sdkit, sy bersumpah Demi Negara kesatuan Republik INDONESIA kita tercinta dan Agamaku, sy bersdia siap JIHAD siap membela negaraku,bangsaku, tanah airku khususnya daerah SULAWESI , sampai titik darah penghabisan oiii .. Merdekaaaa MERDEKAAA MERDEKAAA

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.